Jadikan BlackBerry sebagai Modem, Bisa Internetan Cepat

Jika tak menemukan hotspot padahal Anda perlu ber-Internet dengan layar lebih lebar dan fitur browsing lebih lengkap, Anda bisa menjadikan handset BlackBerry sebagai modem untuk berselancar di dunia maya.Dan jangan disangka., Black Berry ini akan memuaskan anda dengan koneksi internet yang cepat.

Namun, harap diingat, ada operator yang menawarkan sistem tarif akses berbeda jika BB digunakan sebagai modem. Jadi, Anda harus pandai menghitung agar biaya yang dikeluarkan tidak lebih besar ketimbang jika Anda browsing secara langsung di handheld.

Biaya bukan masalah bagi Anda? Silakan ikuti langkah-langkah berikut untuk memanfaatkan BB kesayangan Anda sebagai modem.

1. Siapkan: PC bersistem Windows XP/Vista, kabel USB untuk penghubung peranti ke PC, dan BlackBerry Desktop Manager versi 4 ke atas. Pengesetannya tidak sulit. Langkah pertama, hubungkan perangkat BB dengan notebook terlebih dulu menggunakan kabel USB.

2. Selanjutnya, jalankan BlackBerry Desktop Manager di PC Anda. Cek driver untuk modem. Di Windows, klik [Setting] > [Control Panel] > [Phone and Modems Options]. Jika muncul boks "Location Information”, isikan keterangan kode area, lalu klik [OK].

3. Pada tab [Modem], terlihat Standard Modem pada port baru, seperti COM3, COM6, COM 11, dan lainnya. Klik modem tersebut, lalu klik [Properties] > [Diagnostics] > [Query Modem]. Akan muncul informasi modem, berketerangan “ATI” atau "Research In Motion/BlackBerry IPmodem".

4. Klik tab [Advanced], dan tambahkan keterangan pada menu "Extra Initialization". Isikan boks isian dengan at+cgdcont=1,”IP”,”www.xlgprs.net” (untuk XL); at+cgdcont=1,”IP”,”indosatgprs” (untuk Indosat); atau at+cgdcont=1,”IP”,”telkomsel” (untuk Telkomsel).

5. Buatlah koneksi Internet baru di PC Anda. Di Windows XP, klik [Start] > [Control Panel] > [Network Connection]. Pada jendela yang muncul, klik [Create new connection]. Boks New Connection Wizard akan muncul. Klik [Next >] > [Connect To The Internet], dan klik [Next >] lagi.

6. Pilih [Set up my connection manually] > [Next >] > [Connect using a dial-up modem] > [Next >]. Centangi opsi Standard Modem baru dan klik [Next ]. Di boks wizard berikutnya, beri nama koneksi tersebut, misalnya "Modem BlackBerry". Klik tombol [Next >].

7. Di layar berikutnya, Anda diminta untuk memasukkan nomor akses. Anda bisa menggunakan nomor telepon khusus untuk jaringan seluler GSM, yaitu: *99***1# atau *99#. Klik [Next >] dan kosongkan kotak isian "User name" dan "Password". Klik [Finish].

8. Boks “Connect...” akan muncul. Cobalah browsing ke internet dengan mengklik tombol [Dial] di boks tersebut. Jika sebagai modem, Anda bisa memunculkan boks “Connect” dengan mengklik [Start] > [Connect To] atau [Start] > [Control Panel] > [Network Connections], lalu pilih nama modem BlackBerry yang dipakai.

TIPS: Aplikasi Cuma-cuma Tak Percuma
• Opera Mini (mini.opera.com)
Selain unggul dalam kecepatan menampilkan halaman website, aplikasi ini juga mampu menampilkan halaman web secara penuh dan mudah dikelola seperti browser di PC.

• Quick Pull (www.mobireach.com/upload/989/22989/QuickPull.jad)
Aplikasi ini akan membantu Anda melakukan reset peranti dengan mudah tanpa harus repot mencabut baterai.

• Vlingo (www.vlingo.com)
Anda dapat mengontrol aplikasi BlackBerry via suara dengan aplikasi ini, tapi perintah harus diberikan dalam bahasa Inggris.

• Viigo (www.viigo.com)
Aplikasi RSS feeder yang akan siap menginformasikan berita terbaru, mulai dari cuaca, teknologi, politik, hingga olahraga.

• Facebook for Mobile (www.facebook.com)
Jika Anda pengguna Facebook, instal aplikasi ini ke dalam peranti BB untuk bergaul di dunia maya kapan saja dan di mana saja.

No comments:

Post a Comment

Pages