DID YOU KNOW: "Konsep Bahasa Pemrograman"

Misalkan untuk sesaat Anda diberi daftar instruksi berikut ini untuk Anda lakukan: 1. 0001 0011 0011 1011 2. 1101 0111 0001 1001 3. 1111 0001 1101 1111 4. 0000 1100 0101 1101 5. 0001 0011 0011 1011 Tentu saja, petunjuk ini tidak memiliki arti nyata untuk Anda, tetapi ini adalah jenis instruksi yang komputer harapkan. Instruksi seperti ini disebut "kode mesin" dan masing-masing merupakan operasi khas yang dapat dilakukan oleh komputer. Anda dapat langsung merasakan kesulitan dengan bahasa ini. Bahasa ini sangat tepat untuk komputer, namun sangat membingungkan bagi seorang programmer komputer. Seperti komputer yang telah dikembangkan selama beberapa dekade terakhir, generasi baru dari bahasa pemrograman juga telah dikembangkan untuk menjembatani kesenjangan antara programmer dan kode mesin. Sebuah solusi awal untuk menyederhanakan pemrograman adalah penggunaan notasi heksadesimal untuk mewakili instruksi mesin. Misalnya, dalam heksadesimal, instruksi pertama akan ditulis 133B. Meskipun representasi ini tentu lebih mudah untuk diingat daripada string yang terdiri atas satu dan nol, namun hal ini masih gagal untuk memberi kita gagasan tentang tujuan instruksi. Bahasa assembly adalah bahasa pemrograman pertama untuk mengatasi masalah dengan menetapkan nama yang berarti bagi instruksi komputer. Bahasa ini menggunakan nama-nama sederhana seperti "LOAD", "ADD", atau "STORE" untuk mewakili instruksi mesin. Sebuah program yang ditulis dengan nama-nama tersebut kemudian diubah ke dalam kode mesin menggunakan assembler, sebuah program yang menerjemahkan nama ke dalam instruksi biner yang dimengerti oleh komputer. Bahasa assembly kini disebut sebagai bahasa "generasi kedua", sedangkan kode mesin dianggap sebagai bahasa "generasi pertama". Generasi berikutnya dari bahasa komputer semakin meningkatkan kemudahan pemrograman dengan mengelompokkan set instruksi mesin bersama untuk membentuk konstruksi pemrograman umum. Ketika mungkin perlu untuk membuat 3 atau 4 baris kode untuk menambahkan dua nomor menggunakan bahasa assembly, maka tugas ini dapat dicapai dengan satu instruksi dalam bahasa "generasi ketiga". Bahasa seperti Pascal, C/C++, dan Java merupakan contoh bahasa generasi ketiga yang banyak digunakan saat ini. Bahasa ini juga dikenal sebagai bahasa tingkat tinggi karena ia mengabstrakkan cara perincian kode mesin dan membantu programmer untuk berkonsentrasi pada pemecahan masalah. Gambar terlampir menunjukkan perbandingan dari tiga generasi bahasa. Untuk setiap bahasa, kode untuk program pajak sederhana ditampilkan.

No comments:

Post a Comment

Pages